Perbedaan Gempa Lombok dengan Palu

Bulan Agustus dan September 2018 merupakan bulan kesedihan bagi bangsa Indonesia. Dua gempa besar menghantam di Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat) dan Palu (Sulawesi Tengah) mengakibatkan banyak korban jiwa. Gempa 7.0 SR menimpa Pulau Lombok. Gempa 7.5 SR menghantam Palu diikuti dengan tsunami setinggi 5 meter. Semoga tidak ada lagi gempa besar yang menimpa Indonesia, Aammiinn.

Tenda Pengungsi Gempa Lombok

Tenda Pengungsi Gempa Lombok

Berikut ini adalah beberapa perbedaan gempa di Pulau Lombok dengan gempa Palu:

1.Lokasi

Gempa Lombok 7.0 SR terjadi di laut sisi utara Pulau Lombok. Gempa Palu terjadi di darat di Kabupaten Donggala. Kedua gempa ini menyebabkan tsunami. Namun bedanya, di Lombok tsunami yang terjadi hanya beberapa cm saja. Sedangkan di Palu ketinggian ombak tsunami mencapai 5 meter. Gempa di Palu diperparah juga dengan adanya Likuifaksi (pergerakan tanah yang terjadi akibat gempa).

2. Jumlah Korban

Korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa Lombok 500 jiwa meninggal dunia, ratusan luka-luka dan puluhan ribu penduduk mengungsi. Sedangkan korban jiwa akibat gempa Palu adalah 2000an jiwa meninggal dunia, ribuan korban luka-luka dan puluhan ribu penduduk mengungsi. Jumlah korban meninggal dunia di Palu bisa lebih banyak mengingat banyaknya warga yang tertimbun tanah akibat terjadinya likuifaksi. Diperkirakan ribuan jenazah masih berada di dalam tanah dan tidak bisa dievakuasi.

3. Dampak Kerusakan

Gempa Lombok menyebabkan kerusakan di semua kabupaten/kota yang ada di Pulau Lombok (Kota Mataram, Kab Lombok Barat, Kab Lombok Tengah, Kab Lombok Timur, dan Kab Lombok Utara). Namun, kondisi terparah dialami Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur. Di Kabupaten Lombok Utara sekitar 85 % bangunan mengalami kerusakan. Di Kabupaten Lombok Timur, lokasi terparah ada di Kec Sambelia, Kec Sembalun, dan Kec Pringgabaya. Di Kabupaten Lombok Barat lokasi terparah akibat gempa berada di Kec Batulayar, Kec Gunung Sari, Kec Lingsar, dan Kec Narmada. Di Kabupaten Lombok Tengah kerusakan akibat gempa ada di Kec Batu Kliang dan Kec Kopang. Sedangkan di Kota Mataram hanya terdapat beberapa rumah/bangunan saja, tidak separah kabupaten yang lain. Sedangkan Gempa Palu mengakibatkan kerusakan parah dan likuifaksi terjadi di Kab Donggala, Kota Palu, Kab Sigi dan beberapa Kab lain.

Wilayah terdampak gempa Lombok

Wilayah terdampak gempa Lombok

4. Bantuan

Banyak warga Indonesia yang bertanya mengapa bantuan langsung setelah gempa pertama lebih cepat di Lombok dibandingkan dengan Palu. Sampai muncul berita penjarahan karena bantuan pertama yang cukup lama untuk warga Palu. Saat gempa Lombok, pusat pemerintahan (Kota Mataram) tidak mengalami kerusakan parah. Mall, pasar dan pusat perbelanjaan lain masih buka sehingga memudahkan warga untuk membeli barang kebutuhan pokok untuk diberikan kepada warga terdampak gempa. Pelabuhan Lembar dan Bandara International Lombok sebagai akses masuk menuju Pulau Lombok tidak mengalami kerusakan sehinggan akses bantuan bisa cepat masuk menuju Lombok. Berbeda dengan kejadian di Palu. Gempa dan Tsunami meluluh lantakkan kota Palu dan kabupaten di sekitarnya. Landasan pacu Bandara SIS Al Jufri Palu mengalami kerusakan sehingga hanya bisa didarati oleh pesawat berukuran kecil. Pelabuhan Pantoloan dan beberapa pelabuhan lain mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan untuk sandar kapal laut. Hal ini lah yang menyebabkan distribusi bantuan mengalami keterlambatan.

Semoga tidak ada lagi bencana-bencana besar yang terjadi di Indonesia.

 

 

Related Post

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline